MEMPERBAIKI VGA

Sering kali kita menemukan VGA yang Rusak Mulai dari paling sederhana seperti tampilan tidak sempurna hingga paling parah berupa mati total. Lalu bagimana Cara Memperbaiki VGA yang Rusak? Simak tipsnya berikut ini,,,

 

Cara Memperbaiki VGA yang Rusak Dengan Mudah

Cara Memperbaiki VGA yang Rusak itu sebenarnya gampang asal kita mengetahui terlebih dahulu pengertian VGA atau Video Graphics Adapter merupakan yang salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi menerjemahkan tampilan ke layar monitor. Dari beberapa informasi yang saya temui bahwa kerusakan pada vga card terjadi disebabkan oleh faktor suhu panas yang berlebihan. Jadi sangat disarankan untuk tetap menjaga performa pendingin pada laptop atau Pc komputer agar umur pakai dari perangkat tersebut lebih panjang dan stabil. Lalu bagimana Cara Memperbaiki VGA yang Rusak dengan mudah? Well, ikuti dan simak tipsnya berikut ini,

Cara Memperbaiki VGA yang Rusak
Prinsip Kerja VGA:
Vga akan dipanaskan dalam suhu tertentu, dengan asumsi kerusakan Vga disebabkan oleh bola-bola timah pada kaki Ic yang sudah tidak bekerja dengan baik. Dengan pemanasan diharapkan akan kembali memaksimalkan fungsi dari timah- timah tersebut.

Hal ini seharusnya akan lebih maksimal jika menggunakan Oven listrik, namun bagi yang tidak memilikinya dapat menggunakan tehnik berikut.

Bahan yang diperlukan Untuk Memperbaiki VGA:
1. Vga laptop yang bermasalah/rusak
2. Cairan Siongka/Flug. Berupa cairan yang berbahan damar biasa digunakan pada tehnisi handphone untuk melumasi Ic yang dipanaskan. Bisa dibeli ditoko-toko repair ponsel.
3. Rantang atau mangkok besi/panci sebagai tempat memanaskan VGA
4. Kompor Gas
5. Alumunium Foil dari kertas rokok.

Langkah Cara Memperbaiki VGA yang Rusak :
1. Siapkan bola-bola dari alumunium foil, hal ini dimaksudkan untuk memberi jarak antara lantai panci dengan Vga. Beri alas bola-bola tersebut pada keempat sudut Vga yang akan dipanaskan.
2. Lumasi seluruh bagian Vga terutama dibawah IC dengan cairan Siongka/Flug. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pencairan timah serta melindungi komponen Vga dari panas berlebih.
3. Masukkan Vga yang telah diberi cairan siongka/flug serta telah dialasi dengan bola-bola alumunium foil kedalam panci.
4. Lakukan pemanasan dengan kompor gas, pada proses ini sangat memerlukan kehatihatian. Jika gagal Vga akan terbakar. Lakukan pemanasan dengan durasi 3 menit awal. kemudian coba pasang pada perangkat dan lihat hasilnya.
Jika belum memberikan hasil coba kembali dengan menambah durasi pemanasan lebih lama, mulai dari 3 menit, 4 menit, 5 menit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s